Selera dan Nilai Seni

Selera atau rasa sifatnya sangat relatif subyektifitas kiranya sukar untuk diuraikan. Rasa ini yang dapat merasakan hanyalah pribadi-pribadi.

Masalah seni adalah masalah yang mengkhusus. Rasa seni dapat disalurkan kepada umum apabila ada standar untuk menilainya. Alat atau instrumen untuk penilai inipun harus sudah menjadi konsesus umum pula, yaitu apa yang disebut sebagai Hukum Seni.
Hukum Seni yaitu prinsip-prinsip pengorganisasian terhadap keindahan karya seni rupa seperti proporsi, komposisi, perspektif, balance, irama, unity, harmoni, dengan menggunakan unsur garis, bentuk/bidang ruang, warna, tekstur.

Nilai pada seni ditentukan oleh banyak faktor yaitu faktor fisik dan nonfisik.

  • Faktor fisik bila ia telah memenuhi persyaratan desain dari struktur dan dekoratifnya yang sesuai dengan hukum seni(dalam seni rupa).
  • Faktor nonfisik dalam hubungannya dengan fungsi dan tujuan diciptakannya sebuah karya seni. Kedua faktor ini saling menjalin menjadi satu kesatuan.

Menurut teori yang dikemukakan oleh Boumgarten nilai suatu karya seni didalamnya terkandung hakekat dari benar, baik dan indah.
Kebenaran adalah kesempurnaan akal
Kebaikan adalah kesempurnaan kemauan yang berhubungan dengan etika dan moral, dan
Keindahan adalah harmoni tanggapan bagian dengan bagian dalam hubungannya dari keseluruhan bentuknya. Tujuan keindahan adalah menyenangkan yang dapat ditangkap panca indera manusia.

Seni bermutu mengandung maksud yang dapat diterima oleh semua akal budi, belaku dalam lingkup etika, moral, susila masyarakatnya, serta indah dilihat, didengar, diraba, dirasa, dan dibau.

“Setiap karya seni, bagaimanapun bentuknya tidak memiliki kadar nilai rendah ataupun tinggi.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s