Nirmana

Nirmana adalah sebuah gabungan kata nir, yang berarti “tidak/bukan/tanpa”, dan mana yang berarti “makna”. Dalam proses awal belajar tentang seni rupa, istilah ini sering dikaitkan dengan karya atau studi karya yang tidak memiliki makna(non representasi). Pada umumnya istilah inidipakai sarana studi mengenai unsur-unsur dan struktur dalam karya seni, khususnya dalam kaitanya dengan bidang ilmu kesenirupaan.

Oleh karena itu mengenal ilmu nirmana tidak terlepas dari usaha untuk mengerti dan memahami bagaimana cara atau teknik dalam penciptaan karya-karya seni rupa. Sebelum mencipta, merancang/merencana kita harus sudah memiliki pengetahuan(knowledge) dan ketrampilan(skill) yang berhubungan dengan masalah kesenirupaan. Maka mempelajari nirmana adalah melatih ketrampilan dan memperoleh pengetahuan praktis sebagai dasar untuk perkembangan selanjutnya sesuai dengan bakat dan bidang yang dimiliki.

Tidak sedikit dari hasil seni yang mendalami nirmana dan menonjolkannya pada media yang tepat bisa memberikan nilai seni dan corak yang enak dilihat baik dari segi komposisi, proporsi, irama, keseimbangan maupun perspektifnya. Banyak pula para seniman yang membuat ‘master piece‘ dengan menonjolkan segi nirmananya, mengkomposisikannya dengan baik sehingga menarik banyak peminat akan seni yang telah ia buat.

” Walaupun sederhana, tetapi dapat memberikan sentuhan yang berarti pada SENI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s